Minggu, 24 Februari 2013

Refleksi : Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 2: Intuisi dalam Matematika (2)

Peran intuisi dalam matematika sangat penting. Intuisi yang dimiliki oleh siswa dapat mengembangkan kreativitas siswa. Intuisi diperoleh setelah pengalaman belajar matematika dimana pengalaman tersebut merupakan akumulasi dari keterampilan matematika yang diperoleh melalui pengetahuan matematika dan didukung oleh metode, sikap, dan motivasi dari dalam siswa itu sendiri. Tetapi dalam kenyataan yang terjadi, guru mengabaikan itu semua. Pada umumnya guru hanya memberikan pengalaman matematika kepada siswa tanpa memperhatikan proses-proses yang harus dicapai untuk menghasilkan pengalaman matematika tersebut.Hal tersebut disebabkan oleh adanya Ujian Nasional. Ujian Nasional dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan dalam pembelajaran matematika. Nilai menjadi indikator yang sangat penting untuk menentukan kelulusan para siswa. Guru merasa tertekan dan terbebani dengan adanya Ujian Nasional tersebut. Adanya tekanan tersebut mengakibatkan guru cenderung melakukan jalan pintas misalnya dengan memberikan latihan-latihan soal kepada siswa. Mereka tidak menyadari bahwa latihan-latihan soal tersebut menyebabkan siswa kehilangan intuisinya. Agar siswa tidak kehilangan intuisinya maka guru perlu menumbuhkan motivasi, sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa sehingga siswa memperoleh pengalaman matematika yang pada akhirnya akan memunculkan intuisi matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar