Strategi yang digunakan dalam pembelajaran matematika tidak harus
terpaku pada satu strategi saja akan tetapi disesuaikan dengan situasi
dan kondisi serta kebutuhan para siswa. Pada pembelajaran matematika,
para siswa harus dibiasakan untuk aktif dan mengembangkan matematika
yang guru berikan karena matematika yang didapatkan melalui cara sendiri
akan lebih mudah untuk dipahami dan tersimpan di dalam memori otak
dalam jangka waktu yang lama.
Dalam memecahkan suatu persoalan akan
lebih efektif apabila dilakukan dengan cara membentuk kelompok. Karena
dengan berkelompok maka antara siswa yang satu dengan yang lain akan
saling berinteraksi dan bekerja sama sehingga persoalan-persoalan cepat
terselesaikan. Setelah selesai, masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil yang mereka peroleh. Pada saat presentasi tentunya masing-masing
kelompok menggunakan strategi yang berbeda-beda. Maka guru harus dapat
mengarahkan siswa untuk mendapatkan strategi yang sekiranya mudah
diterapkan oleh keseluruhan siswa sehingga terjadi kesepakatan mengenai
strategi terbaik yang dipakai siswa dalam belajar matematika.
Bagaimana cara agar siswa aktif dan dapat mengembangkan matematika yang diberikan oleh guru sedangkan pemikiran siswa SD masih sangat sederhana?
Bagaimana cara agar siswa aktif dan dapat mengembangkan matematika yang diberikan oleh guru sedangkan pemikiran siswa SD masih sangat sederhana?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar