Senin, 18 Februari 2013

Refleksi Pembelajaran Matematika Seperti Apa yang Kita Harapkan di SD?

Strategi yang digunakan dalam pembelajaran matematika tidak harus terpaku pada satu strategi saja akan tetapi disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta kebutuhan para siswa. Pada pembelajaran matematika, para siswa harus dibiasakan untuk aktif dan mengembangkan matematika yang guru berikan karena matematika yang didapatkan melalui cara sendiri akan lebih mudah untuk dipahami dan tersimpan di dalam memori otak dalam jangka waktu yang lama.
Dalam memecahkan suatu persoalan akan lebih efektif apabila dilakukan dengan cara membentuk kelompok. Karena dengan berkelompok maka antara siswa yang satu dengan yang lain akan saling berinteraksi dan bekerja sama sehingga persoalan-persoalan cepat terselesaikan. Setelah selesai, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil yang mereka peroleh. Pada saat presentasi tentunya masing-masing kelompok menggunakan strategi yang berbeda-beda. Maka guru harus dapat mengarahkan siswa untuk mendapatkan strategi yang sekiranya mudah diterapkan oleh keseluruhan siswa sehingga terjadi kesepakatan mengenai strategi terbaik yang dipakai siswa dalam belajar matematika.
Bagaimana cara agar siswa aktif dan dapat mengembangkan matematika yang diberikan oleh guru sedangkan pemikiran siswa SD masih sangat sederhana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar