Peran intuisi dalam pembelajaran matematika
sangat diperlukan karena dengan adanya intuisi maka siswa akan dapat
mengembangkan kreativitas dan potensi-potensi yang dimilikinya. Namun yang
terjadi sekarang ini, guru seringkali mengabaikan pentingnya intuisi bagi para
siswanya. Guru cenderung memakai cara yang instan dan mengambil jalan pintas
dalam memberikan matematika kepada siswanya. Misalnya saja dengan memberikan
latihan soal yang begitu banyak tanpa melalui proses-proses yang harus dilalui.
Sehingga siswa kehilangan intuisi. Intuisi diperoleh setelah pengalaman dimana
pengalaman tersebut berasal dari keterampilan matematika yang diperoleh dari
pengetahuan matematika dan didukung oleh metode, sikap, dan motivasi yang ada
pada diri siswa itu sendiri. Apabila siswa kehilangan intuisi maka siswa akan
kesulitan menemukan ide-idenya. Sehingga siswa memiliki ketergantungan kepada
gurunya. Maka dari itu pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan karena
pembelajaran inovatif berpusat pada siswa dan guru memfasilitasi siswa-siswanya
untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki siswanya. Sehingga dengan
pembelajaran yang inovatif diharapkan siswa tidak lagi kehilangan intuisi
karena intuisi sangat diperlukan dalam belajar matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar