Pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang ditujukan kepada guru maupun calon guru dan digunakan untuk mengidentifikasi seperti apa pendidikan yang sedang berlangsung sekarang ini, khususnya pendidikan matematika. sebagian besar guru masih belum menyadari bagaimana seharusnya ia menjalankan tugasnya. Guru masih sebatas mengajarkan suatu materi kepada siswa tanpa memperhatikan tingkah laku maupun perkembangan siswa. Siswa yang memiliki latar belakang dan kemampuan yang beragam mendapatkan perlakuan yang sama. Padahal seharusnya siswa yang memiliki latar belakang dan kemampuan beragam mendapatkan perlakuan yang beragam pula sehingga siswa mendapatkan apa yang menjadi kebutuhannya.
Guru perlu melakukan inovasi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran akan menjadi berkualitas. Pembelajaran yang berkualitas adalah pembelajaran yang menantang, menyenangkan, mendorong bereksplorasi, dan mengembangkan kemampuan berpikir anak. Upaya yang ditempuh agar pembelajaran menjadi berkualitas adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang fleksibel dan dinamis, yaitu metode diskusi. Dalam metode diskusi, siswa terlibat secara aktif. Siswa juga akan merasa senang dalam belajar matematika karena belajar matematika dilakukan bersama teman-temannya. Mereka akan saling berbagi dan saling bertukar pikiran. Sehingga dalam pembelajaran matematika tidak hanya mengembangkan kemampuan kemampuan kognitif saja tetapi juga mengembangkan kemampuan afektif dan psikomotorik.
Guru perlu melakukan inovasi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran akan menjadi berkualitas. Pembelajaran yang berkualitas adalah pembelajaran yang menantang, menyenangkan, mendorong bereksplorasi, dan mengembangkan kemampuan berpikir anak. Upaya yang ditempuh agar pembelajaran menjadi berkualitas adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang fleksibel dan dinamis, yaitu metode diskusi. Dalam metode diskusi, siswa terlibat secara aktif. Siswa juga akan merasa senang dalam belajar matematika karena belajar matematika dilakukan bersama teman-temannya. Mereka akan saling berbagi dan saling bertukar pikiran. Sehingga dalam pembelajaran matematika tidak hanya mengembangkan kemampuan kemampuan kognitif saja tetapi juga mengembangkan kemampuan afektif dan psikomotorik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar