Minggu, 24 Februari 2013

Refleksi : Lesson Study dan Siswa Berkebutuhan Khusus Belajar Matematika

Lesson Study sangat baik digunakan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia. Dengan adanya Lesson Study, para guru diharapkan dapat menemukan inovasi-inovasi dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para siswa agar para siswa dapat memahaminya dengan baik. Dalam kaitannya dengan melayani anak berkebutuhan khusus, Lesson Study juga berperan penting dalam meningkatkan kemampuan peserta didik yang berkebutuhan khusus karena Lesson Study mencakup strategi-strategi dan inovasi-inovasi dalam penyampaian pembelajaran tidak hanya kepada peserta didik dengan kemampuan pada umumnya, tetapi juga kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus. Dalam pelaksanaan Lesson Study kita tidak boleh menganggap bahwa anak yang berkebutuhan khusus sebagai anak yang berkelainan (disabbility) akan tetapi kita harus menganggap mereka mempunyai kemampuan yang lain dari pada yang lain (different abbility) sehingga kita justru harus lebih mencurahkan perhatian yang lebih kepada mereka yang berkebutuhan khusus agar mereka dapat berkembang dan mempunyai kemampuan semaksimal yang mereka bisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar