Selasa, 05 Maret 2013

Refleksi : Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu?

Matematika akan menjadi ilmu apabila dilandasi atau didasari dengan intuisi. Intuisi memiliki pengertian ruang dan waktu. Dalam perjalanannya, intuisi dapat diperoleh setelah pengalaman matematika dimana pengalaman  tersebut merupakan akumulasi dari keterampilan matematika yang diperoleh melalui pengetahuan matematika dan didukung oleh metode, sikap, dan motivasi dari dalam siswa itu sendiri. Jika tidak memenuhi syarat di atas maka matematika belum dapat dikatakan sebagai ilmu, melainkan masih dikatakan sebagai ilmu murni yang bersifat pasti dan tidak berubah. Intuisi sangat penting dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya intuisi, siswa akan dapat mengembangkan kreativitasnya. Dengan demikian, maka guru perlu mengembangkan intuisi pada siswa agar siswa tidak kehilangan intuisinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar