Rabu, 20 Maret 2013

Refleksi: Refleksi Koalisi Pendidikan Menolak Kurikulum 2013


Perubahan kurikulum KTSP 2006 menjadi kurikulum 2013 memang terkesan memaksa. Banyak guru yang tidak siap dengan adanya perubahan ini. Perubahan kurikulum tidak memiliki alasan dan latar belakang yang jelas. Guru, siswa, dan komponen-komponen lain dalam bidang pendidikan tidak dilibatkan dalam perubahan kurikulum ini, padahal mereka yang akan merasakan dampak dari perubahan ini.
Untuk merubah suatu kurikulum diperlukan adanya riset dan evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum KTSP 2006 karena pada dasarnya untuk memperoleh suatu hasil pasti membutuhkan suatu proses pula. Lain halnya dengan perubahan kurikulum yang terjadi sekarang ini, perubahan kurikulum merubah semua yang ada pada kurikulum sebelumnya tanpa melakukan riset yang jelas dan evaluasi terhadap kurikulum sebelumnya.
Pemerintah seharusnya lebih menekankan pada peningkatan kualitas guru dalam menjalankan pembelajaran di kelas. Peningkatan kualitas guru dapat dilakukan dengan mengadakan program pelatihan-pelatihan. Program pelatihan-pelatihan tersebut hendaknya dilaksanakan secara berkelanjutan agar mendapatkan hasil yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar