Reformasi sistem pendidikan di Indonesia sangat dibutuhkan karena saat ini masih banyak permasalahan yang dihadapi dalam bidang pendidikan. Misalnya sistem pendidikan di Indonesia yang masih bersifat tradisional, kurikulum yang bersifat memaksa dan berpusat pada pemerintah, serta penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat. Metode pembelajaran yang masih bersifat tradisional seharusnya digantikan dengan metode pembelajaran yang inovatif karena cara pembelajaran yang tradisional sudah sangat kuno dan tidak efektif dalam proses pembelajaran. Siswa hanya dijadikan objek oleh guru. Guru lebih mendominasi pembelajaran. Dalam menyampaikan materi, guru hanya berceramah dan menjejali siswa dengan materi-materi yang belum tentu dapat diterima siswa dengan baik. Hal ini harus segera diubah dan diluruskan agar siswa dapat lebih aktif dan pemikiran mereka semakin berkembang menjadi kritis dengan permasalahan yang ada, tanpa harus selalu menurut kepada guru.
Mengenai kurikulum, kurikulum yang digunakan hendaknya bersifat interaktif dan ditentukan oleh sekolah masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa-siswanya. Sehingga akan memudahkan guru dalam memenuhi kebutuhan siswa yang beragam. Namun yang terjadi di Indonesia sekarang ini, kurikulum yang berlaku di Indonesia hanya ada satu dan berpusat pada pemerintah. Hal inilah yang perlu dibenahi agar pendidikan di Indonesia tidak terkesan egois dan otoriter. Secara keseluruhan, hendaknya semua pihak yang terkait dalam hal kependidikan saling bahu membahu untuk mengentaskan Indonesia dari permasalahan-permasalahan pendidikan yang terjadi sekarang ini agar Indonesia menjadi lebih baik dan ke depannya akan menjadi negara yang maju dan berkualitas.
Mengenai kurikulum, kurikulum yang digunakan hendaknya bersifat interaktif dan ditentukan oleh sekolah masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa-siswanya. Sehingga akan memudahkan guru dalam memenuhi kebutuhan siswa yang beragam. Namun yang terjadi di Indonesia sekarang ini, kurikulum yang berlaku di Indonesia hanya ada satu dan berpusat pada pemerintah. Hal inilah yang perlu dibenahi agar pendidikan di Indonesia tidak terkesan egois dan otoriter. Secara keseluruhan, hendaknya semua pihak yang terkait dalam hal kependidikan saling bahu membahu untuk mengentaskan Indonesia dari permasalahan-permasalahan pendidikan yang terjadi sekarang ini agar Indonesia menjadi lebih baik dan ke depannya akan menjadi negara yang maju dan berkualitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar