Masalah utama yang dihadapi dalam proses pembelajaran di Indonesia adalah strategi yang dipakai oleh para guru. Sebagian besar guru hanya menempatkan muridnya sebagai objek pembelajaran. Guru hanya menyampaikan materi kepada para siswa secara lisan atau ceramah. Padahal hal semacam ini kurang efektif untuk para siswa. Akibat dari hal tersebut akan muncul suatu masalah yaitu bagaimana cara yang tepat untuk mempromosikan atau mengenalkan inovasi-inovasi yang baru kepada guru yang nantinya akan disampaikan kepada siswa mereka masing-masing. Hal yang perlu dilakukan untuk menemukan cara yang tepat dan metode pembelajaran yang efektif dan inovatif adalah sering diadakannya koordinasi antar tenaga ajar (guru) agar mereka saling bertukar pikiran dan menemukan metode atau strategi mengajar yang terbaik bagi siswa mereka. Selain itu, guru juga perlu berkoordinasi dan menanyakan kepada siswa secara langsung mengenai metode pembelajaran yang seperti apa yang mereka inginkan. Dengan hal ini niscaya para siswa akan senang karena kemauan mereka dituruti. Sehingga siswa akan mudah dalam menerima materi. Metode yang tepat dan seharusnya dipakai oleh guru adalah metode pembelajaran inovatif yaitu guru memposisikan diri sebagai fasilitator dan melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran. Dengan diterapkannya metode mengajar yang inovatif maka siswa akan dapat mengembangkan pemikirannya dan tidak selalu bergantung kepada guru sehingga siswa akan menjadi individu yang mandiri. Apabila hal tersebut dilakukan secara kontinyu, maka proses pembelajaran di Indonesia akan lebih baik dan Indonesia akan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar