Jumat, 24 Mei 2013

REFLEKSI "Elegi Menggapai "Kant's Analogies of Experience"


Dari Elegi Menggapai "Kant's Analogies of Experience", Kant berpendapat bahwa dalam analogi, pengalaman hanya mungkin didapat melalui representasi hubungan antar persepsi-persepsi. Untuk membuktikan prinsip tersebut, Kant’s mengekspos beberapa argumen.
Pertama, pengalaman adalah kognisi empiris, karena itu adalah sebuah sintesis dari persepsi yaitu sintesis yang tidak terkandung dalam persepsi sendiri, tetapi yang berisi kesatuan sintetis dari bermacam-macam persepsi dalam kesadaran. Kesatuan ini merupakan hal yang penting dari kemampuan kita untuk mengindera obyek, inilah yang disebut pengalaman.
Kedua, karena daya tangkap itu merupakan kumpulan beberapa intuisi empiris, dalam pengalaman persepsi-persepsi hadir bersamaan sehingga tidak ada karakter kebutuhan dalam hubungan mereka muncul atau dapat muncul dari persepsi sendiri,

Ketiga, pengalaman adalah kemampuan yang didapat dengan cara mengartikan persepsi.
Keempat, waktu itu sendiri tidak dapat dirasakan, penentuan keberadaan objek dalam waktu hanya dapat terjadi melalui hubungan dalam waktu secara umum, akibatnya hanya dengan cara mengartikan konsep hubungan a priori saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar