Rabu, 22 Mei 2013

REFLEKSI "Elegi Ritual ikhlas 27: Silaturakhim Para Ikhlas"

Dalam islam, silaturakhim merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan apalagi ditinggalkan. Islam menyuruh umaatnya memperbanyak silaturakhim dengan siapapun dan di manapun. Sebab dalam kehidupan, setiap orang selalu membutuhkan orang lain dan tidak dapat hidup sendiri. Silaturakhim merupakan ibadah yang sangat mulia, mudah dan membawa berkah. Memutus tali silaturakhim adaah perbuatan yang sangat dilarang dalam agama islam, seperti firman Allah SWT: "Dan bertaqwalah kepada Allah dengan (mempergunakan) namaNya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturakhim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." (QS An-Nisaa': 1)
Allah SWT akan melapangkan rezeki dan memanjangkan umur orang yang suka menyambung tali silaturakhim. Seperti sabda Rasulullah SAW: "Barangsiapa yang sengang untuk dilapangkan rezekinya dan akhirnya ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturakhim" (HR Bukhari).
Manfaat yang didapat apabila kita senang bersilaturakhim diantaranya:
1. Mendapatkan ridha Allah SWT
2. Disenangi oleh orang lain
3. Menambah banyak dan berkah rezekinya
4. Memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama
5. Meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan
6. Mempererat dan memperkuat tali persaudaraan dan persahabatan.
Oleh karena itu, kita harus senantiasa bersilaturakhim agar mendapatkan ridho dari Allah SWT dan dicintai sesama manusia. Silaturakhim yang kita lakukan juga harus dilandasi oleh rasa ikhlas karena Allah SWT. Dengan begitu kehidupan akan terasa indah dan damai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar