Selasa, 21 Mei 2013

REFLEKSI "Elegi Ritual Ikhlas 8: Tata Cara atau Adabnya Orang Berdoa "



Berdoa merupakan salah satu faktor tercapainya Tauhid yang hakiki, sebagai alat untuk mendapatkan keselamatan dan keberuntungan. Manusia hendaknya selalu berdoa agar hidupnya senantiasa diberi keselamatan dan keberuntungan. Ada beberapa adab dan peraturan yang disunahkan agar mendapat kelebihan dan barokah dari Allah dan supaya doa itu dikabulkan diantaranya:
1.   Berdoa dengan suara yang lembut
Doa adalah ditujukan kepada Allah yang Maha Mendengar. Apa saja doa kita akan didengar Allah. Oleh karena itu, kita tidak perlu mengeraskan suara ketika berdoa kepada Allah SWT.
2.   Berdoa dengan penuh yakin
Hendaklah berdoa dengan penuh yakin bahwa doa kita akan dikabulkan. Dari Anas r.a. katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda”: “Apabila kamu berdoa, hendaklah kamu bersungguh-sungguh, yakin dalam doa (bahawa Allah taala mendengar dan mengabulkan). Janganlah kamu berdoa dengan kalimah: “Ya Allah, jika Engkau mahu, berilah aku!” Kerana sesungguhnya Allah Taala tidak dipaksa memenuhi sesuatu doa.” (HR. Anas r.a.)
3.   Berwudhu sebelum berdoa
Ketika berdoa maka kita sedang berhadapan dengan Allah. Oleh karena itu, kita hendaknya sedang dalam keadaan suci baik suci dari hadas maupun najis.
4.   Berdoa dengan merendah diri
Manusia adalah makhluk Allah SWT yang penuh dengan kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kita harus merendahkan diri di hadapan Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar